Inti Vedanta - Prana, Pikiran dan Brahman

Vedanta adalah salah satu dari enam filosofi spiritual kuno berdasarkan Weda dan merupakan dasar dari agama Hindu. Inti dari Vedanta adalah sifat non-dualitas dari 'Aku' yang disadari melalui kontemplasi pada ajaran Guru di mana Aku dipisahkan dari pelengkap fenomenalnya tubuh, pikiran, dan intelek.

Apa filosofi Vedanta tentang Prana, Pikiran dan Brahman? Di bawah ini adalah ringkasan berdasarkan buku Essentials of Vedanta karya 1008 Paramhansa Yogi Satchidananda Saraswati.

Prana

Menurut Filsafat Hindu, sebelum dimulainya penciptaan, keadaan sebab-akibat alam semesta yang tak terkondisi mengandung potensi Prana. Vedanta tidak membuat pernyataan yang absurd bahwa hidup berasal dari nirlaba. Ia tidak mengakui bahwa energi vital adalah hasil dari gaya mekanis. Tetapi para ilmuwan modern bingung tentang masalah ini. Sebaliknya, memberitahu kita bahwa itu adalah gaya, yang bekerja secara simultan dengan gaya kimia fisika. Mereka semua sebenarnya adalah ekspresi dari satu energi hidup Prana. Biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa lebih sederhana dengan kata "Nafas", tapi Prana bukanlah nafas yang sederhana.

Prana diartikan sebagai penyebab dari segala gerak dan kehidupan baik di dunia organik maupun anorganik. Di mana pun ada ekspresi sekecil apa pun dari gerak, kehidupan atau pikiran, dari atom atau hewan terkecil atau bioplasma hingga tata surya terbesar dan manusia tertinggi, itu adalah manifestasi dari kekuatan yang meliputi semua yang disebut Prana

Ilmuwan modern bermimpi untuk membuktikan bahwa kehidupan adalah produk dari beberapa jenis gerakan materi kematian. Sedangkan Vedanta mengajarkan bahwa semua fenomena alam semesta telah berevolusi dari satu substansi abadi, yang memiliki Prana atau daya vital kosmis, pikiran kosmis, kecerdasan kosmis, dan kesadaran.

Yoga mengklaim bahwa Prana ini adalah penyebab terakhir dari semua kekuatan alam yang terwujud. 

Mengapa atom bergerak dan bergetar? 

Seorang ilmuwan tidak tahu, tetapi seorang yogi berkata karena Prana. Gaya yang menghasilkan getaran dalam sebuah atom, adalah salah satu ekspresi energi Prana atau prinsip kehidupan kosmik. 

Prana yang sama muncul sebagai kekuatan itu, yang dengannya kuman kehidupan bekerja di bidang fisik, membangkitkan gerakan dalam molekul selnya, membangun struktur yang sesuai, memperbaiki luka, dan mereproduksi jenisnya. Ini menyebabkan aktivitas dalam protoplasma, dalam bio-plasma atau amuba serta pada manusia tertinggi. Ini terkait erat dengan pikiran, yang mencakup semua aktivitas psikis dan kecerdasan, yang ditampilkan oleh kuman itu dalam berbagai tingkatan evolusinya. Kekuatan vital pikiran memang dua aspek dari satu Prana.

Pikiran

Pikiran terdiri dari dua bagian yang terpisah dan berbeda- kesadaran normal dan kesadaran sub-normal. Garis demarkasi antara dua kompartemen ditentukan dengan sangat jelas. Masing-masing mampu melakukan tindakan independen.

Kesadaran normal adalah yang hanya membutuhkan kesadaran akan dunia fisik. Ia mengamati melalui lima indera fisik. Ini murni fisik dan bukan psikis. Tetapi tidak demikian halnya dengan sub-kesadaran karena ia bertindak secara mandiri tanpa bantuan indera fisik. 

Itu adalah tempat emosi dan gudang memori. Ia melakukan fungsi tertingginya ketika indera fisik tertahan seperti saat tidur. Itu sangat dan terus-menerus setuju dengan hipnotisme dan sugesti. Dalam hipnotisme, kesadaran normal operator diperbolehkan untuk melatih dirinya sendiri pada sub-kesadaran subjek. 

Sugesti adalah cara di mana hipnosis diinduksi. Saran otomatis adalah memberikan sugesti ke alam bawah sadarnya sendiri tanpa perantara operator mana pun.

Maya

Maya adalah kekuatan ilusi dari Brahman. Itu adalah sat-Asat Vilakshana Anadi Bhavarupa Anirvachineeya Maya. Bukan Sat sebagai Brahman atau bukan Asat sebagai tanduk kelinci karena merasakan objek 'bukan Asat'. 

Avarna Shakti yang artinya tak terlukiskan. Ia memiliki dua Shakti - Avaran dan Vishepa Shakti

Avarna Shakti berarti kekuatan terselubung, yang tidak memungkinkan seseorang untuk menyadari sifat ilahi Sat-Chit-Anand

Viskshapa Shakti berarti kekuatan yang memproyeksikan alam semesta dan tubuh dan menyebabkan Abhimana

Sama seperti panas yang tidak dapat dipisahkan dari api dan dingin dari es. Maya tidak bisa dipisahkan dari Brahman. Itu adalah Atmashraya atau bergantung pada Brahman.

Dunia hanya memiliki Keberadaan Relatif

Sesuatu tidak ada, di awal dan di akhir, yang juga tidak ada di tengah. Tidak ada pot, awalnya kalau sudah pecah tidak ada pot lagi, semuanya tanah liat. Bahkan ketika melihat pot, harus berpikir kuat bahwa itu hanya keberadaan relatif, pada kenyataannya, tidak ada pot. Ini adalah tekad kuat seorang Viveki.

Demikian pula, pada awalnya tidak ada tubuh, itu semua adalah Swarupa. Pada akhirnya ketika  menjadi seorang Dehamukta; tidak ada seorang pun. Jadi bahkan ketika kita melihat tubuh ini, kita pasti berpikir, itu tidak ada sama sekali. Itu semua ilusi atau Bhranti. Jadi melalui Yukti, kita dapat membuktikan Abhaba (tidak adanya) dunia. Sruti dan Smriti mendukung pernyataan di atas.

Brahman

Setiap akibat memiliki sebab; Oleh karena itu, dunia fenomenal ini pasti memiliki penyebab. Ini adalah akibat dari Brahman, penyebab asli tanpa sebab, Param Karanam. 'Aham' berarti "aku" dalam bahasa Sansekerta. 'Edam' berarti 'ini'. 

Ketika saya mengacu pada diri saya sendiri, saya mengatakan Aham dan ketika saya merujuk kepada anda, saya mengatakan 'Edam'. Ketika anda berbicara dengan saya, kata-kata ini dibalik. 'Aham' saya, menjadi 'Edam' anda dan 'Edam' anda menjadi 'Aham' saya dan seterusnya. 

Hanya ada 'Aham' di mana-mana, satu kesadaran yang sama. 'Edam' adalah ciptaan mental atau atribusi palsu, Adhyaropa berarti pemaksaan-super. Seperti ular yang ditumpangkan di tali. Ular itu adalah Vivarta, atribut palsu dari tali. Demikian pula "Idam" adalah Vivartra dari Aham.

Analisa dengan hati-hati "aku" kecil ini, kepribadian palsu yang lebih rendah diri yang menjadi penyebab semua kesengsaraan, masalah dan kesengsaraan.

Tubuh fisik bukanlah "aku". Bahkan jika kaki atau tangan diamputasi, "aku" tetap ada. Itu terdiri dari lima elemen. Ini adalah produk hasil Annam atau makanan. Oleh karena itu, ditata sebagai Annamaya Kosha. Ini memiliki awal dan akhir. Ini adalah Vinashi atau mudah rusak. Ini adalah Jada, tidak berakal, atau tidak cerdas.

Indriya bukanlah “aku”. Ini Jada. Ini memiliki awal dan akhir. Itu adalah pengaruh Rajo Guna dan Sattwa Guna. Itu terdiri dari Tanmatra.

Pikiran bukanlah "aku". Tidak ada pikiran dalam tidur. Namun ada perasaan kesinambungan kesadaran. Pikiran adalah Jada. Ini memiliki awal dan akhir. Ini adalah kumpulan ide yang berubah. Ia meraba-raba dalam kegelapan. Itu tenggelam dalam kesedihan. Ini menjadi seperti balok kayu dalam ketakutan yang ekstrim. 

Prana juga bukan "aku". Itu adalah efek Rajoguna. Ini Jada. Ini memiliki awal dan akhir. Kita dapat menghentikan nafas namun kesinambungan kesadaran tetap ada.

Anandmaya Kosha atau Karana Sari, yang merupakan Moola Agyana dan yang terdiri dari Vasana dan Sanskara bukanlah “aku” yang kecil. Ini Jada. Ini memiliki awal dan akhir. 

Ketika saya mengatakan "Saya", saya benar-benar merasakan "Saya" atau saya ada, aspek Sat. Saya memahami atau memahami bahwa "Saya", ini adalah aspek Chit

Pada analisis yang cermat melalui introspeksi, "aku" kecil ini menyusut menjadi ketiadaan yang lapang. Sama seperti bawang yang menjadi tidak ada ketika berbagai lapisan dikupas. Tetapi kita mendapatkan inti atau "esensi" dari "Aku" yang besar dan tak terbatas, -Sat-Chit-Anand Brahman, substratum atau latar belakang untuk semua penampakan ini, sedikit banyak "Aku".

Di dunia fenomenal juga, segala sesuatu terdiri dari lima hal - Nam, Rupam Asti, Bhati, dan Priya. Nama dan bentuk bisa berubah, tapi Sat-Chit-Anand, (Asti-Bhati-Priya), tetap ada selamanya. Itulah kebenarannya. Setiap bentuk memiliki Sat-Chit-Anand-nya sendiri. Bentuknya berbeda (Vyatireka) tetapi esensi yang ada dibelakang adalah sama dalam segala bentuk (Anvaya).

Praktek Hadirat Tuhan

Praktik kehadiran Tuhan selalu merupakan cara termudah, terdekat dan paling pasti untuk mencapai Kesadaran Tuhan. Rasakan kehadirannya selalu, dan di mana saja. Rasakan kehadirannya dalam segala hal. Rasakan kesatuan dengan segalanya. 

Dia tidak pernah berbicara atau tersenyum, tetapi kehadirannya cukup. Kita selalu bisa bersukacita, bahagia dalam pengetahuan dan dalam keabadian di hadirat-Nya. Sadhana semacam ini sangat penting bagi seorang calon, akhirnya mengarah pada peristirahatan di Nirguna Brahman. Semua bentuk lenyap. Seseorang sedih dan tertekan karena gagal atau lupa merasakan kehadirannya.